Apakah Ada yang Namanya Penghasilan Pasif?


Penghasilan pasif dapat didefinisikan sebagai penghasilan yang terus masuk di saat kita tidak bekerja lagi. Contoh dari penghasilan pasif yang dimaksud adalah konten YouTube, aplikasi Play Store, dan produk-produk digital lainnya yang kita jual di internet. Itu difinisi yang dipahami oleh banyak orang.

Sebenarnya, kalau aku melihat, kesemuanya itu masih termasuk sebagai penghasilan aktif. Soalnya, kita masih bekerja. Nggak mungkin kan YouTube kita terisi kalau tidak kita isi? Nggak mungkin juga Play Store kita terisi aplikasi jika kita tidak membuatnya?

Makanya, di sini, aku mulai ragu apakah penghasilan pasif itu ada. Maka, fokus kita sebenarnya adalah mencari pekerjaan yang menghasilkan banyak uang. Itu dulu. Soalnya, segala hal yang dikaitkan dengan "penghasilan pasif" itu, kurang bisa memberikan banyak uang. Jadi, jangan terjebak dengan terminologi semacam ini. Jangan sampai karena kita mengejar "penghasilan pasif", akhirnya, kita mendapatkan uang yang sedikit dengan menghabiskan waktu yang banyak.

Bagiku, satu-satunya penghasilan "pasif" adalah investasi. Misalnya kita membeli tanah, emas, cyrpto, saham, dan bentuk investasi lainnya. Nah, itu baru bener-bener pasif; kita tinggal, dia akan bergerak sendiri harganya. Itu mengapa orang tua-orang tua kita lebih suka bekerja keras dan menyimpan tabungan-tabungan mereka dalam bentuk tanah maupun emas. Kalau sekarang, kita bisa juga menyimpannya dalam bentuk Bitcoin atau saham Apple.

1 komentar:

GUNAKAN TEMPLATE INI